Berapa banyak Node Bitcoin yang Ada?

a purple background with a black and blue circle surrounded by blue and green cubes
Photo by Choong Deng Xiang on Unsplash

Jaringan Bitcoin dikenal dengan sifatnya yang terdesentralisasi, artinya tidak ada satu pun entitas yang memiliki kontrol penuh. Hal ini dimungkinkan oleh keberadaan ribuan komputer yang terdistribusi secara global, yang disebut node.

Node berperan penting dalam menjalankan jaringan Bitcoin. Mereka bekerja bersama untuk:

  • Menyimpan history lengkap transaksi Bitcoin: Full node, sejenis node Bitcoin, menyimpan salinan lengkap blockchain, yang berisi catatan dari setiap transaksi Bitcoin yang pernah terjadi.
  • Memvalidasi transaksi: Node memverifikasi keabsahan transaksi sebelum ditambahkan ke blockchain.
  • Menjaga keamanan jaringan: Dengan didistribusikan ke berbagai lokasi, node membuat jaringan Bitcoin lebih tahan terhadap serangan.

Jumlah pasti node Bitcoin sulit diketahui karena sifat jaringan yang terdesentralisasi. Namun, kita bisa menggunakan layanan pelacak node seperti Bitnodes untuk memperkirakan jumlahnya.

Menurut Bitnodes, per Maret 2024, perkiraan jumlah reachable node Bitcoin adalah sekitar 14.796. Perlu dicatat bahwa “reachable node” artinya node tersebut dapat mengirim dan menerima koneksi di jaringan. Selain itu, ada juga unreachable node yang fungsinya lebih terbatas, namun tetap berkontribusi pada keamanan jaringan.

Jumlah node Bitcoin terus bertumbuh seiring dengan semakin populernya mata uang kripto ini. Peningkatan jumlah node umumnya dianggap sebagai indikator positif bagi kesehatan dan keamanan jaringan Bitcoin.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *